Thursday 13 June 2024

Mengenal PAFI - Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Sebagai Bentuk Peduli Kesehatan Warga Negara Indonesia




PAFI merupakan singkatan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Apakah dari kalian ada yang mengetahui mengenai PAFI? Saya pribadi baru mengenalnya. Untuk itu, melalui artikel ini saya bermaksud untuk menjelaskan atau memberikan informasi mengenai PAFI, supaya kita sama-sama tahu mengenai organisasi ini dan apa sih tujuan didirikannya organisasi ini.

PAFI sudah ada sebelum saya lahir, yakni sudah ada ketika Indonesia merdeka. Mereka termasuk organisasi yang mendukung kemerdekaan Indonesia di kala itu. Tentu, PAFI turut andil dalam bidang kesehatan. Hal ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia di bidang kesehatan dan meningkatkan value diri.

Ahli Farmasi Indonesia tidak pernah absen dalam membangun kemerdekaan Indonesia dalam bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, baik untuk kita mengetahui apa itu PAFI dan apa tujuan organisasi ini didirikan. 

Sejarah Singkat Mengenai PAFI 


Pada tanggal 13 Februari 1946, di Yogyakarta dibentuklah suatu Organisasi yang dinamakan “Persatuan Ahli Farmasi Indonesia” sebagai wadah untuk menghimpun Semua Tenaga yang Bakti Karyanya di bidang Farmasi, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia selanjutnya disingkat “PAFI.

PAFI dan Pengurus Pusat PAFI berkedudukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berasaskan Pancasila, Organisasi PAFI adalah Organisasi Profesi yang bersifat Kekaryaan dan Pengabdian.

PAFI memiliki banyak cabang sesuai daerahnya, salah satunya Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Tanjungbalai. Pafi Tanjung Balai adalah sebuah organisasi lokal yang berbasis di Tanjung Balai, sebuah kota yang terletak di Sumatera Utara, Indonesia. Organisasi ini berfokus pada pengembangan berbagai kegiatan yang mendukung komunitas lokal, terutama dalam bidang olahraga, seni, dan budaya.

Nah, apa saja sih kegiatan PAFI dan apa tujuan dari organisasi ini? Kamu bisa membacanya di bawah ini, ya!

Tujuan PAFI


Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia
Mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia
Meningkatkan Kesejahteraan Anggota

Adapun kegiatan PAFI Tanjung Balai yang sering dilakukan seperti ini:

Olahraga: Pafi Tanjung Balai sering mengadakan turnamen dan pelatihan di berbagai cabang olahraga, seperti sepak bola, bulu tangkis, dan pencak silat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan atlet lokal dan memperkuat semangat sportivitas.

Seni dan Budaya: Organisasi ini juga aktif dalam mempromosikan seni dan budaya lokal melalui pameran seni, pertunjukan tari tradisional, dan lomba-lomba seni. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan warisan budaya dan mengenalkan generasi muda kepada tradisi lokal.

Sosial: Selain itu, Pafi Tanjung Balai sering terlibat dalam kegiatan sosial seperti bakti sosial, penggalangan dana untuk masyarakat kurang mampu, dan kampanye kesehatan.

Kerja sama dengan berbagai lembaga pun sering dilakukan oleh PAFI seperti kerja sama dengan sekolah, pemerintah daerah, komunitas lokal, dan lainnya. 

Berbagai macam pencapaian pun didapatkan berkat adanya PAFI, tidak hanya di bidang kesehatan saja. Pun dalam bidang seni dan budaya. 

Nah, itu dia informasi singkat mengenai Persatuan Ahli Farmasi Indonesia khususnya PAFI Tanjung Balai. Selengkapnya mengenai PAFI Tanjungbalai bisa dicek di https://pafitanjungbalai.org/.

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment